Pengenalan Turbo Pascal

Penggunaan Turbo Pascal
Dari modus prompt DOS, hal yang dilakukan sbb:
 A:\> turbo

 Menu dalam Pascal :
a. File  (Alt-F)
Load / Pick     : untuk mengambil  program yang sudah ada  di disk kerja.
New                 : untuk membuat program baru.
Save                 : untuk menyimpan program.
Write to            : untuk merekam program ke suatu file.
Directory         : untuk menampilkan directory.
Change dir     : untuk mengganti direktory yang aktif.
OS Shell           : untuk menjalankan perintah-printah DOS
Quit                 : mengakhiri turbo  Pascal dan  kembali  keprompt DOS
 
b. Edit  (Alt-E)
          Digunakan untuk keperluan memperbaiki program.
 
c. Run  (Alt-R) 
Digunakan   untuk  menjalankan  program  yang   ada   dijendela edit.

d. Compile  (Alt-C)
Digunakan untuk mengkompilasi program.
Destination Memory (disimpan di memory).
Destination Disk (disimpan di disk dengan ext .EXE).

e. Options  (Alt-O)
Digunakan  untuk  mengatur/menentukan kembali bagaimana  F1-help,  F2-Save
F3-new file,  F4-import data, F9-expand, F10-contract dan  Esc-exit integrated environment
bekerja.

f. Debug dan Break/Watch  (Alt-D & Alt-B)
Digunakan untuk melacak program.mengaktifkan Debug & Break/Watch.

** Cat :  tekan Esc untuk meninggalkan menu.


Struktur Program Pascal
Secara  ringkas, struktur suatu program Pascal  dapat  terdiri dari :
1.  Judul Program
2.  Tubuh Program
Tubuh program dibagi menjadi dua bagian utama :
         a. Bagian deklarasi
              - deklarasi label
              - deklarasi konstanta
              - deklarasi tipe
              - deklarasi variabel/perubah
              - deklarasi prosedur
              - deklarasi fungsi
         b. Bagian Pernyataan/Terproses

Cat : baris-baris  komentar  untuk   memperjelas  program   diletakkan   diantara   tanda (* dan *)  atau  { dan } . 

1. Judul program
Judul  program  ini digunakan untuk memberi nama  program  dan sifatnya   optional.  Jika  ditulis harus terletak pada awal  dari program  dan  diakhiri   dengan titik koma (;).
Contoh penulisan judul program :
PROGRAM latihan;
PROGRAM latihan(input,output);
PROGRAM lat_1;
PROGRAM lat_satu(output);

2. Bagian Pernyataan/Terproses
Bagian   ini  adalah bagian yang akan terproses dan   terdapat dalam    suatu  blok  yang 
diawali  dengan  BEGIN  dan   diakhiri dengan    END    (penulisan   END diikuti   dengan  tanda  titik).
Bagian   ini   berisi   pernyataan /   statamen    yang  merupakan instruksi  program. 
Setiap statemen diakhiri dengan tanda titik koma (;).
Bentuk umumnya adalah sbb :

                               BEGIN
                                    ...
                                    statemen;
                                    statemen;
                                    ...
                               END.

3. Bagian deklarasi
Bagian ini menjelaskan/memperkenalkan secara rinci semua data yang akan digunakan pada suatu program. Dalam penulisannya tidak boleh  sama  dengan kata-kata
cadangan (reserved words)  dan selalu diakhiri dengan titik koma (;).


Deklarasi label
Deklarasi  label digunakan Jika pada penulisan program akan menggunakan 
statemen GOTO (untuk meloncat ke suatu statement tertentu).
Contoh :
                 PROGRAM cetak;
                         LABEL satu,akhir;
                         BEGIN
                              WRITELN('AMIK');
                              GOTO SATU;
                              WRITELN('INTELCOM');
                              satu:
                              WRITELN('GLOBAL');
                              GOTO akhir;
                              WRITELN('INDO');
                              akhir:
                         END.

Bila program di atas dijalankan, output sbb :
                   AMIK
                   INTELCOM

Deklarasi konstanta
Deklarasi ini digunakan untuk mengidentifikasikan data yang nilainya sudah ditentukan dan pasti, tidak  dapat  dirubah dalam program.

Contoh :
                    PROGRAM CETAK_2(OUTPUT);
                         CONST a = 50;  (* selalu menggunakan tanda = *)
                               b = 'INDONESIA Merdeka';
                         BEGIN
                              WRITELN(a,' TAHUN ');
                              WRITELN(b);
                         END.

Bila program dijalankan, output sbb :
                   50 tahun
                   INDONESIA Merdeka


Deklarasi tipe
Deklarasi ini digunakan  untuk  menyebutkan  tipe  setiap  data yang   akan  digunakan pada program Pascal. Tipe  data  menentukan jangkauan  nilai yang mungkin dari data yang digunakan
Contoh :
               PROGRAM SATU;
               TYPE bulat  = INTEGER;  { selalu  menggunakan = }
                          hasil,pecahan = REAL;
                          ket           = STRING[20];


BEGIN
                          pecahan := 2.52;
                          bulat := 2;
                          hasil := pecahan + bulat;
                          ket := 'hasil penjumlahan = ';
               WRITE(ket,hasil:4:2);
               END.
Output program, sbb :  hasil penjumlahan = 4.52

Deklarasi variabel/perubah
Deklarasi   ini  berisi data-data yang bisa  berubah-ubah   nilainya   di  dalam program. 
Deklarasi variabel harus di  letakkan setelah  deklarasi  tipe  (jika ada). 
Contoh :
                         VAR satu : INTEGER;
                                  dua  : INTEGER;
                                  a    : REAL;
                                  b    : REAL;          { selalu menggunakan : }
                         BEGIN
                                  satu := 5;
                                  dua := 4;
                                  a := 2.3;
                                  b := 5+4*2.3;        { hasil real }
                         WRITE('hasil = ',b:4:1);
                        END.

Output program :   hasil = 14.2

Program diatas  bisa ditulis sbb :
                         VAR satu,dua : INTEGER;
                                  a,b      : REAL;
                        BEGIN
                              ...
                              statement;
                              ...
                         END. 

Contoh jika terdapat deklarasi tipe :
                         TYPE 
 bilangan = integer;
                         VAR 
 satu,dua,a   : bilangan;
                                     b              : real;
                         BEGIN
                              ...
                              statement;
                              ...
                         END.


Deklarasi prosedur dan Fungsi 
Program dapat  dibagi menjadi  beberapa   bagian/subprogram, yang terdiri dari satu program utama dan satu /  lebih  program bagian  (bisa  berupa  prosedur /  fungsi). Deklarasi prosedure/ fungsi terletak pada subprogram yang menggunakannya.
 
Tipe Data
Tipe  Data dapat terletak pada deklarasi variabel maupun  padadeklarasi tipe.
Pascal menyediakan beberapa macam tipe data,  yang terdiri dari :
1. Tipe data sederhana/skalar, terdiri dari :
                      1.1. Tipe data standar/predefinisi
                         1.1.1. bulat (integer)
                         1.1.2. real
                         1.1.3. karakter
                         1.1.4. string
                         1.1.5. logika (boolean)
                      1.2. Tipe data didefinisikan pemakai :
                         1.2.1. subjangkauan (subrange)
                         1.2.2. terbilang (enumerated)
2. Tipe data terstruktur, terdiri dari :
                      2.1. larik (array)
                      2.2. rekaman (record)
                      2.3. berkas (file)
                      2.4. himpunan (set)
3. Tipe data penunjuk (pointer)

1.1. Tipe data standar
1.1.1. Tipe data integer
Tipe   integer   adalah bilangan yang tidak  mempunyai   titik desimal/bilangan  pecahan. 
Integer terdiri  dari  beberapa  tipe, yaitu :
- byte,        dengan jangkauan nilai                      0..255
- shortint, dengan jangkauan nilai           -128..127
- integer,  dengan jangkauan nilai           -32768..32767
- word,                 dengan jangkauan nilai                       0..65535
- longint,  dengan jangkauan nilai           -2147483648..2147483647

Operator yang dapat digunakan pada data tipe integer :
 +,   penjumlahan
 -,   pengurangan
 *,   perkalian
 div,   pembagian
                    mod,  sisa pembagian


Contoh :
             VAR a,b,jumlah1,jumlah2 : INTEGER;
             BEGIN
                  jumlah1:=10;
                  jumlah2:=3;
                  a:=jumlah1 DIV jumlah2;
                  b:=jumlah1 MOD jumlah2;
                  WRITELN('HASIL A = ',a);
                  WRITELN('HASIL B =',b);
             END.
hasil program :    hasil a = 3
                            hasil b = 1

1.1.2. Tipe data real
Tipe  real  adalah  bilangan  yang  mengandung pecahan, palingsedikit  harus ada satu
digit  sebelum dan sesudah titik  desimal.
Operator yang dapat digunakan pada data  tipe real adalah :
 +   penjumlahan
 -   pengurangan
 *   perkalian
 /   pembagian

Contoh :
                      VAR nilai1,nilai2,hasil : REAL;
                      BEGIN
                           nilai1 := 2.52;
                           nilai2 := 3.2;
                           hasil := nilai1 + nilai2;
                           WRITE('HASIL PENJUMLAHAN = ',hasil:4:2);
                      END.
             Output program, sbb :   hasil penjumlahan = 5.72

1.1.3. Tipe data karakter
Nilai    data   karakter   berupa   sebuah   karakter     yang ditulis diantara tanda  petik tunggal,  misalnya :  'A', 'b', '@', dan sebagainya. Karakter yang dapat diterima oleh komputer :
             huruf besar/kecil   : A,B,C,...,Z / a,b,...,z
             digit               : 1,2,3,...,9
             operator aritmatika : * / + -
             tanda baca          : , . ; : ? !
             simbol khusus       : $  @  {  } ( ) [ ] % #
             spasi






Contoh :
             VAR nilai : CHAR;
             BEGIN
                  nilai :='A';
                  WRITELN('NILAI TERBAIK = ',nilai);
             END.
             hasilnya :  nilai terbaik = A

1.1.4. Tipe data string
Nilai  data   string   adalah   satu   atau   lebih   karakteryang   terletak  diantara  tanda petik tunggal, misal :  'INTELCOM'.   Bila     panjang   dari suatu  string  di  dalam  deklarasi variabel tidak disebutkan, maka dianggap panjangnya 255 karakter.

Contoh :
             VAR kata1 : STRING[5];
                 kata2 : STING[9];
                 kata : CHAR;
             BEGIN
                  kata1 :='AMIK';
                  kata2 :='INTELCOM';
                  kata :=' ';                  { karakter berupa spasi }
                  WRITELN(kata1,kata,kata2);
             END.

             hasil :   AMIK INTELCOM

1.1.5. Tipe data boolean
Data tipe boolean mempunyai dua nilai, yaitu True dan False.
Contoh :
             VAR
                benar : BOOLEAN;
             BEGIN
                  benar := TRUE;
                  WRITELN('benar = ',benar);
             END.
             hasil :   benar = TRUE


1.2. Tipe data Terdefinisi
1.2.1 Tipe data subjangkauan
Tipe   data  ini  adalah  tipe  data   yang   dapat    didefinisikan  sendiri oleh pemakai. Nilai data pada tipe ini  mempunyai jangkauan  tertentu. Misalkan nilai ujian  mempunyai harga 0 sampai 100, maka nilai ujian dapat didefinisikan sbb :





                            TYPE
                                 nilai = 0..100;
Contoh :
             VAR sks      : 1..4;
                      angkatan : 89..95;
                      nilai    : 'A'..'E';

1.2.2. Tipe data terbilang
Tipe data ini juga dapat didefinisikan sendiri oleh pemakai. Disebut tipe terbilang karena semua nilai disebut  satu persatu.

Contoh :
          TYPE hari       =  (Senin,Selasa,Rabu,Kamis,Jum'at,Sabtu,Minggu);
               hari_kerja   =  (Senin,Selasa,Rabu,Kamis,Jum'at);
               situasi         = (senang,gembira,sedih,susah);

2.1. Tipe data larik (array)
Larik (array) adalah kumpulan data yang  mempunyai  tipe data sejenis. Daftar nomor telpon, daftar kode  mata  kuliah, vektor,  matrik   merupakan  contoh larik. 

Contoh  penulisan  tipe larik berdimensi satu sbb :

CONST batas = 20;
VAR telpon : ARRAY[1..3] OF STRING[7];{larik dengan nama telpon mempunyai 3  data dengan tipe string }
nilai : ARRAY[1..5] OF INTEGER; {larik dengan nama nilai mempunyai 5 data  dengan tipe integer}
gaji : ARRAY[1..batas] OF REAL; {larik dengan  namagaji mempunyai 20 data     dengan tipe real}

Contoh larik yang mempunyai tipe data terbilang atau  subjangkauan :
 TYPE batas   = 0..100;
           keadaan = (baru,lama,bagus,jelek);
 VAR nilai : ARRAY[1..30] OF 'A'..'B'; {larik dengan nama nilai  mempunyai 30 data, dan pengisian data yang diperbolehkan hanya A, B, C, D, E }
 angka : ARRAY[1..50] OF batas; {larik dengan nama angka mempunyai 50 data, dan  pengisian data yang diperbolehkan hanya 1,2,3,...,99,100}
baju : ARRAY[1..10] OF keadaan; {larik Dengan nama  angka mempunyai 10 data,dan pengisian data yang diperbolehkan baru, lama, bagus, jelek }






Contoh program :
             VAR jumlah : INTEGER;
                  nilai    : ARRAY[1..3] OF 'A'..'E';
                 angka  : ARRAY[1..3] OF INTEGER;
             BEGIN
                  nilai[1] := 'C';
                  nilai[2] := 'B';
                  nilai[3] := 'A';
                  angka[1] := 75;
                  angka[2] := 60;
                  angka[3] := 90;
                  jumlah := angka[1]+angka[2]+angka[3];
                  WRITELN('NILAI = ',angka[2],' MENDAPAT ',nilai[1]);
                  WRITELN('JUMLAH = ',jumlah);
             END.
hasil :  nilai 60 mendapat C
            jumlah = 225

Contoh penulisan tipe larik berdimensi dua sbb :
             VAR tabel : ARRAY[1..3,1..2] OF BYTE; {larik tabel mempunyai 3  baris dan 2  kolom dengan  tipe byte }
             BEGIN tabel[1,1] := 5;    { baris 1, kolom 1 }
                   tabel[1,2] := 7;
                   tabel[2,1] := 21;   { baris 2, kolom 1 }
                   tabel[2,2] := 18;
                   tabel[3,1] := 8;
                   tabel[3,2] := 7;
                   WRITELN('BARIS 1 KOLOM 2 = ',tabel[1,2]);
             END.
             hasil :   BARIS 1 KOLOM 2 = 7

0 komentar:

Posting Komentar